Mana Yang Lebih Menyehatkan, Telur Dadar Atau Telur Ceplok?

The ViralzTelur merupakan sumber protein hewani yang paling mudah didapat dan cukup ramah di kantung. Dalam mengolahnya, beberapa orang memilih menyajikan sebagai telur ceplok, telur dadar, atau telur rebus.

Dari sekian banyak cara mengolah telur, manakah cara pengolahan telur yang paling baik dalam menjaga nilai gizinya? Guru Besar Ilmu Pangan dan Kapuslit Pangan Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun, MP, mengatakan, mengonsumsi telur rebus akan lebih bernilai gizi tinggi dibandingkan jika Anda mengonsumsi telur mentah.


Pasalnya, pada telur mentah, ada zat aviding pada bagian putih telur yang dapat mengikat segala nutrisi tubuh.

"Jadi kalau mau konsumsi mentah, buang bagian putih telur. Namun kalau mau konsumsi dua bagian telur, rebus saja sekitar 5-10 menit atau setengah matang untuk memusnahkan zat avidin-nya," ujar dia pada sesi workshop Health and Nutrition Journalist Academy (HNJA).

Sementara jika memilih digoreng, telur ceplok menurut Prof Rindit lebih baik dibandingkan jika disajikan dalam bentuk telur dadar.

"Kalau telur dadar gizinya berkurang karena putih telur dikocok bersama kuning telur. Karena avidin-nya mengikat kuning telur," imbuhnya.

Namun tentu saja ketika memilih menyajikan telur dengan digoreng, gunakan minyak yang sehat, bukan minyak yang sudah terlalu sering dipakai.
azr.


sumber : planet.merdeka.com
Loading...

.

Mana Yang Lebih Menyehatkan, Telur Dadar Atau Telur Ceplok?
4/ 5
Oleh