Arti Tanggal Lahir dan Karakter Menurut Islam Berdasarkan Urutan Surah dalam Al-Qur’an, Ternyata...

The Viralz - Anda pasti pernah mendengar arti kelahiran menurut zodiak, Primbon Jawa dan sebagainya. Anda pasti tahu bagaimana sifat yang sesuaimdengan tanggal lahir Anda. Tapi apakah Anda pernah mendengar tentang tanggal lahir menurut Islam.

Seperti yang telah kita ketahui semua, bahwa Al-Qur’an merupakan kitab pedoman bagi seluruh ummat muslim di dunia ini, di dalam Al-Qur’an pun sudah memiliki banyak pesan yang tersurat maupun tersirat, seperti kode tersembunyi di setiap ayat yang tertulis di dalamnya. Walaupun sudah banyak orang yang mengetahui dan memahami isi dari Al-Qur’an, tetapi masih ada banyak yang belum terjawab dariAl-Qur’an khusus arti dari tanggal lahir.

Allah SWT menyampaikan setiap ayat Al-Qur’andengan perantara Malaikat Jibril yang membawakan wahyu untuk disampaikan kepada Rasulullah SAW. Kemudian Rasulullah SAW menghafalkan setiap wahyu yang diturunkan dan kemudian ditulisnya di atas suatu media, seperti pelepah kurma, diatas kayu dan batu, atau di kulit domba.


Allah SWT sudah merancang dengan sangat baik dan sempurna terhadap Al-Qur’an yang bertujuan agar manusia di segala zaman, segala tingkat kepandaian dan segala usia dapat memahami isinya. Tetapi tetap saja masih banyak sekali hal-hal yang belum dapat dipecahkan dari isi Al-Qur’an. Salah satu dari misteri yang belum terpecahkan adalah misteri tanggal lahir manusia berdasarkan Al-Qur’an.

Yang menjadi masalah adalah waktu penanggalannya. Apakah sistem penanggalan yang digunakan dengan sistem tanggalan Hijriyah yang berdasarkan kepada bulan, atau masehi yang berdasarkan matahari?

Jika menggunakan sistem penanggalan hijriyah, maka tidak akan cukup harinya. Karena penanggalan hijriyah hanya sampai pada tanggal 28 atau 29 saja, tidak sampai 30. Sementara di dalam Al-Qur’an terdapat 30 juz.

Sementara jika menggunakan sistem penganggalan masehi. Dalam satu bulan terdapat 30 sampai 31 hari. Yang menjadi permasalahan adalah jika seseorang itu lahirnya pada tanggal 31. Mungkin idealnya adalah penggabungan 2 karakter angka, yaitu angka 1 dan 30. Tetapi hal itu bisa dijadikan patokan.

Anda bisa cek karakter Anda sesuai tanggal lahir dari surat Al-Qur’an berikut ini:

1. Tanggal 1 Surat Al Fatihah (Pembukaan)

Karakter : Menyukai hal baru, berbakat menjadi pemimpin, seorang pioneer (pelopor), idealis, cenderung ingin sempurna, pandai memanfaatkan kesempatan, egois, harus selalu jadi prioritas utama, sering mengulangi
kesalahan yang sama, orang yang belum mengenalnya akan mengira sebagai sosok yang angkuh dan sulit ditaklukkan.

2. Tanggal 2 Al Baqarah (Sapi Betina) 

Karakter : Pekerja keras, taat akan hukum dan aturan, memiliki  jiwa sosial dan kepedulian tinggi, menyukai hal-hal yang bersifat rutinitas, jika dia mampu ada cenderungan menjadi seorang dermawan, kurang inisiatif, sering dimanfaatkan orang lain serta gampang percaya kepada orang lain.

3. Tanggal 3 Ali Imran (Keluarga Imrarga Imran)

Karakter : Seorang pemimpin (walaupun dalam kelompok kecil), berhati-hati dalam bertindak, mengayomi, tegas, suka suasana perdebatan dan agak cerewet. Jika wanita ia cenderung tomboy, ingin menang sendiri, seorang pemimpi dan sering berfantasi.

4. Tanggal 4  An Nisa (Wanita) 

Karakter : Sensitif dan perasa, feminim, protektif terhadap 2 keluarga, kreatif, kompak tapi mudah dipengaruhi, agak jahil (iseng), dan penggoda. 

5. Tanggal 5 Al Maidah (Hidangan)

Karakter : Diperlukan banyak orang, menyukai perubahan, memiliki insting yang lumayan, cepat bosan, ingin dilayani, susah diatur.

6. Tanggal 6  Al Anaam (Binatang Ternak)

Karakter: Punya insting tajam, kurang mandiri, terkadang seenaknya sendiri, emosional, pemalu dan kurang percaya diri, dan cepat berubah pikiran.

7. Tanggal 7 Al A’Raaf (Tempat Tertinggi)

Karakter : Cermat dan teliti, mudah mengambil hati orang lain, penuh inspirasi, terlihat sombong, suka meremehkan dan cepat puas.

8. Tanggal 8 Al Anfaal

Karakter : Optimis, mobilitas tinggi, menyukai perubahan, emosional, gampang berubah pendirian, saat marah suka menyakiti diri sendiri.

9. Tanggal 9 At Taubah 

Karakter : Pemaaf, perfeksionis, mudah bergaul, tegas, tidak suka basa basi, tidak cepat puas, ingin selalu diperhatikan, keras kepala dan mudah goyah.

10. Tanggal 10 Yunus

Karakter : Cepat menyesuaikan, banyak cara keluar dari persoalan, setiap kemauan harus terpenuhi, licin dan cerdik, tirdik, tidak bisa dikekang dan susah diatur, mudah menyangkal dan banyak alasan.

11. Tanggal 11 Huud 

Karakter: Dibutuhkan banyak orang, mudah menerima, berhati-hati dalam berbuat, tidak banyak kemauan, pasif, terkadang diremehkan, peka perasaan.

12. Tanggal 12 Yusuf

Karakter: Percaya diri, optimisme tinggi, tekun, teliti, disukai banyak orang, emosional, tidak mudah percaya, tidak bisa menahan keinginan, ambisius.

13. Tanggal 13 Ar Ra’du (Guruh / Petir)

Karakter : Pemikir, dinamis, menyukai perbedaan, mudah menarik perhatia, logis, suka berdebat, tempramental, lambat memahami sesuatu.

14. Tanggal 14  Ibrahim

Karakter : Pembimbing yang baik, patuh pada aturan, keras dan tegas, banyak rencana, rela berkorban.

15. Tanggal 15 Al Hijr (Batu) 

Karakter : Perfeksionis, keras kepala, telaten, gampang goyah pendiriannya, mudah dipengaruhi.

16. Tanggal 16 An Nahl (Lebah)

Karakter : Rajin dan tekun, ramah, peka pada suasana di sekitarnya, berjiwa sosial, pandai memanfaatkan kesempatan, rapi, cerewet, sensitif dan agak cengeng, pendendam.

17. Tanggal 17 Al Israa 

Karakter : Idealis, banyak ide, suka berkhayal, emosional, lebih produktif jika beraktivitas pada malam hari (kegiatan yang baik dan bermanfaat).

18. Tanggal 18 Al Kahfi 

Karakter : Suka menolong, pengamat yang baik, pandai menyimpan rahasia, tidak mudah percaya, suka memendam masalah dan mengurung diri, susah ditebak maksudnya.

19. Tanggal 19 Maryam

Karakter : Pengasuh, kekanak-kanakan, menyukai anak-anak, suka m, suka mengajar, sabar, memiliki banyak cara menyelesaikan masalah, bicara berdasar bukti, sering difitnah.

20. Tanggal 20 Thaha 

Karakter : Misterius, suka bepergian, memegang teguh aturan, suka lari dari masalah.

21. Tanggal 21 Al Anbiyaa

Karakter : Bertanggung jawab, seorang pemimpin dan pemikir, pendengar yang baik, menerima apa adanya (ikhlas), tidak banyak kemauan.

22. Tanggal 22 Al Hajj 

Karakter : Segala sesuatu harus sempurna, mudah dipengaruhi, gampang terpengaruh, terburu-buru ingin cepat sampai tujuan, menyukai keramaian, sering berpikir muluk.

23. Tanggal 23 Al Mu’minuun

Karakter : Normatif, sensitif, feminim, fanatik terhadap sesuatu, mudah terpancing emosinya.

24. Tanggal 24 An Nuur 

Karakter: Mudah memberikan jalan keluar, cermat memilah masalah, pendengar setia, mudah tersinggung, suka mengungkit-ungkit, gampang menyalahkan.

25. Tanggal 25 Al Furqan 

Karakter : Punya skala prioritas, gemar membandingkan, ceplas ceplos, kurang inisiatif dan tidak banyak kemauan.

26. Tanggal 26 Asy Syuara 

Karakter : Pandai mengambil hati, suka berbelit-belit, kurang berani untuk menyampaikan keinginan, agak cerewet, tidak banyak keinginan, kurang romantis.

27. Tanggal 27 An Naml 

Karakter: Insting kuat, memiliki perencanaan yang baik, pandai memanfaatkan peluang, susah bekerja sendiri, mudah panik, tidak bisa disalahkan, mudah tersinggung, tidak bisa ditentang.

28. Tanggal 28 Al Qashash 

Karakter : Berani menyampaikan keinginan dan pendapat, memegang komitmen, mudah bergaul, tidak pernah kehabih kehabisan bahan pembicaraan, pendendam, emosional, romantis, pencemburu.

29. Tanggal 29 Al Ankabuut 

Karakter : Banyak kenalan, sabar, dinamis, kurang menyukai keramaian, tidak berfikir panjang, kurang pandai memelihara  jaringan, bekerja kurang sistematis, mudah tersinggung.

30. Tanggal 30 Ar Ruum 

Karakter : Optimis, banyak akal, anggun, tempramental, suka bertindak semaunya dan ingin menang sendiri, pencemburu berat, setiap kemauannya harus dipenuhi.

31. Tanggal 31 Lukman 
Karakter : Bijaksana, seorang pemimpin, melindungi komunitasnya, sabar, tekad kuat, otoriter, setiap perintahnya harus dituruti.

Penafsiran yang dilakukan berbeda dengan ramalan yang biasa dilakukan oleh tukang peramal, penafsiran ini merupakan semacam buah pikiran dari seseorang yang berusaha mencari jati dirinya melalui media Al-Qur’an. Penafsiran yang dilakukan juga tidak boleh sembarangan, karena menyangkut dengan ayat-ayat Al-Qur’an atau perkataan Allah SWT.

Ingat! Ini semua tidak bisa dijadikan patokan untuk dapat melihat jati diri seseorang. Cara mengukur jati diri yang paling sederhana adalah dengan berkaca dengan orang yang lebih baik dibandingkan kamu. Karena dengan berkaca kepada orang lain kamu akan tahu kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.


Wallahu a'lam....



Sumber : dari berbagai sumber
Loading...

.

Arti Tanggal Lahir dan Karakter Menurut Islam Berdasarkan Urutan Surah dalam Al-Qur’an, Ternyata...
4/ 5
Oleh