Rasulullah Melarang Untuk Menyisakan Makanan, Ternyata Karena Alasan Ini..

Baca Juga

The Viralz - Sering diantara kita melakukan hal demikian, tak mampu menghabiskan makanan karena mengambil makan terlalu banyak, atau makanan tak sesuai selera dan lain-lain. Namun ketahuilah kawan bahwa hal demikian sangat melukai hati Rasulullah.

Jangankan menyisakan makanan, ketika Rasulullah makan, maka beliau akan memastikan piring dan jari beliau bersih tanpa sisa sedikit pun.



إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلاَ يَمْسَحْ يَدَهُ حَتَّى يَلْعَقَهَا أَوْ يُلْعِقَهَا
“Apabila seseorang di antara kalian makan, maka janganlah dia membersihkan tangannya sehinggalah dia menjilatnya atau menjilatkannya (kepada orang lain)”. (HR al-Bukhariy: 5456, Muslim: 2031, at-Turmudziy: 1801 dan Ahmad: I/ 221).
.
Mengapa hal ini menjadi begitu penting? Karena dalam setiap makanan terkandung keberkahan, jangan sampai kita membiarkan keberkahan tersebut terbuang.

Dari Jabir bahwasanya Nabi Shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan untuk menjilat jari jemari dan piring dan bersabda, “Sesungguhnya kalian tidak mengetahui di makanan kalian yang manakah yang ada berkahnya”. (HR Muslim: 2033 (133) dan Ahmad: III/ 177).

Selain itu, orang-orang yang beriman dan menjalankan sunah Rasulullah sudah pasti akan berhati-hati dan amat menakan-makanan yang diambilnya agar tidak berlebihan.

Diambil dari penjelasan diatas, apabila memang kita sudah terlanjur mengambil makanan terlalu banyak karena beberapa faktor diluar kehendak kita, setidaknya ketika kita tak mampu lagi menghabiskannya maka kita minta tolong orang disekitar kita (teman) untuk menghabiskan makanan tersebut, dengan kita pastikan kondisi makanan masih memungkinkan untuk diteruskan kepada orang lain.

Semoga kita selalu diampuni atas segala salah dan lupa,, Amin..




.

Rasulullah Melarang Untuk Menyisakan Makanan, Ternyata Karena Alasan Ini..
4/ 5
Oleh