10 Hal Mendasar Ini Gak Boleh Wanita H4mil Lakukan Demi Calon Dedek Menggemaskan, Namun Nomor 2 dan 4 Sering Dilanggar!

Baca Juga

The Viralz - Menjadi ibu muda yang hamil untuk pertama kalinya mungkin membuatmu bingung. Kamu belum paham apa yang harus dilakukan dan apa yang nggak boleh dilakukan. Informasi umum yang kamu tahu tentang larangan untuk wanita hamil mungkin hanya sebatas; tidak boleh mengonsumsi alkohol, rokok, dan obat-obatan tanpa resep dokter.

Padahal beberapa bahan makanan seperti keju, daging setengah masak, dan aneka makanan laut juga tidak disarankan, lho!


Hipwee Tips sudah merangkum untukmu para young mom, tentang apa saja yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat sedang hamil. Buat yang belum hamil juga perlu tahu, biar nanti nggak bingung lagi!

1. Hindari mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg agar tidak ada resiko buruk untuk bayimu. Penting nih!

Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, kedua hal ini tidak dianjurkan selama masa kehamilan. Ingat, kafein yang kamu konsumsi bukan hanya berdampak pada tubuhmu tapi juga bayimu. Ini disebabkan karena dia tidak akan bisa memetabolisme kafein dengan sempurna.

Dilansir dari American Pregnancy, penelitian yang dilakukan pada hewan membuktikan bahwa kafein bisa menyebabkan cacat lahir, prematur, dan berat badan bayi rendah. Meski belum ada penelitian pada manusia yang membuktikan ini, kamu sebagai ibu muda tetap harus hati-hati.

Studi American Journal of Obstetrics and Gynecology pada tahun 2008 hanya menunjukkan wanita yang mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg per hari berisiko dua kali lebih besar untuk mengalami keguguran. Hasil ini pun masih diperdebatkan. Tapi lebih baik kamu memang menghindari konsumsi kafein terlalu banyak ya, Mom!

2. Meski pengaruhnya tak besar, tapi kamu tidak disarankan mewarnai rambutmu sampai tri semester kedua

Sebenarnya sangat sedikit zat kimia yang terserap oleh tubuhmu saat mewarnai rambut, tapi bagaimanapun kamu harus tetap berhati-hati. Para dokter menyarankan jika kamu ingin mewarnai rambutmu sebaiknya dilakukan pada trisemester kedua.

3. Gunakan bra yang pas di payudara dan pilih yang tidak berkawat agar produksi ASI-mu tetap terjaga

Selama hamil, payudaramu akan berubah dan berkembang. Penelitian menyebutkan kalau bra yang kamu gunakan terlalu kecil atau berkawat, maka bisa mengganggu perkembangannya. Bra berkawat atau yang tidak pas bisa menghalangi aliran darah ke payudara dan ini mengganggu sistem saluran susu bahkan bisa mengakibatkan peradangan.

4. Kamu yang kebetulan memelihara kucing, selama hamil jangan ikut membersihkan kotoran kucingmu dulu, ya!

Kotoran kucing membawa parasit yang menyebabkan toksoplasmosis. Akibatnya mungkin tidak akan kamu rasakan, tapi bayimu yang akan terkena dampaknya. Parasit ini juga bisa dibawa oleh burung atau hewan lainnya.

5. Terpapar sinar matahari terlalu sering juga sebaiknya dihindari. Ini berguna untuk menjaga suhu tubuh sang calon bayi

Kulitmu akan jadi lebih sensitif selama hamil dan ini nggak bagus juga buat bayi. Ingat, bayimu belum bisa berkeringat untuk menurunkan suhu tubuhnya, jadi kamu lah yang harus menjaga suhu tubuhmu. Sebaiknya kamu menghindari sauna dan sejenisnya juga.

6. Jangan berdiri terlalu lama kalau tidak ingin terkena varises, lebih baik duduk dan istirahat saja

The Health Site melansir bahwa berat badanmu akan meningkat selama masa kehamilan. Dan jika kamu berdiri terlalu lama, risiko munculnya masalah varises atau oedema di kaki semakin tinggi. Hal ini juga berdampak negatif terhadap pernapasan. Lebih baik kamu banyak istirahat dan duduk saja.

7. Meski dianjurkan banyak istirahat, tapi jangan nggak ngapa-ngapain juga. Kamu harus tetap beraktivitas!

Tidak melakukan aktivitas apapun dan kebanyakan istirahat bisa membuat kamu depresi dan kehilangan kekuatan otot, serta meningkatkan risiko diabetes. Cobalah tetap berolahraga ringan, tapi jangan sampai olahraga yang kamu lakukan membuat detak jantungmu lebih dari 160 bpm karena bisa menyebabkan asupan oksigen bayi berkurang.

8. Sembarangan memijat tubuhmu juga nggak boleh, kalau mau pijat sebaiknya ke profesional saja

Titik-titik dia anggota tubuhmu itu berkaitan dengan sistem yang ada di tubuhmu. Kalau sampai salah pijat, bisa-bisa mempengaruhi kesehatan bayimu juga, lho. Jadi mending pijatnya ke yang sudah benar-benar profesional saja.

9. Kurangi penggunaan ponsel, laptop, atau tablet yang terlalu dekat dengan perut, biar aman dan nggak kena radiasi

Pastikan kamu menggunakan laptop dan ponsel antara 6-12 inchi jaraknya antara layar dengan perutmu. Gunakan headset juga ya untuk berbicara di telepon, supaya meminimalisir radiasi.

10. Jangan mengonsumsi suplemen vitamin A, lebih baik dari sumber alaminya langsung seperti sayur dan buah-buahan

Suplemen vitamin A beresiko untuk kelahiran bayi, terutama pada trisemester pertama, jadi penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. Kalau dari bahan-bahan alami langsung seperti buah dan sayur seperti wortel, bayam, jeruk, apel atau lemon sih boleh-boleh saja.

Selain 10 larangan di atas, hal yang paling penting juga adalah kamu nggak boleh takut gemuk! Ingat, saat hamil, kamu makan untuk dua orang. Jadi jangan sayang untuk makan banyak, ya. Btw, semoga sehat selalu ya, Mom! Dan yang belum jadi Mom, semoga segera dapat calon bapaknya




Sumber : hipwee


.

10 Hal Mendasar Ini Gak Boleh Wanita H4mil Lakukan Demi Calon Dedek Menggemaskan, Namun Nomor 2 dan 4 Sering Dilanggar!
4/ 5
Oleh