Viral! Muncul Video Jamaah yang Lakukan Gerakan Aneh di Dalam Mesjid! Ini Fakta Sebenarnya!

Baca Juga

The Viralz - Beberapa waktu muncul sebuah video memperlihatkan seorang wanita yang melakukan shalat dengan gerakan aneh di Masjid Agung Palembang.

Tentu saja hal itusempat menghebohkan media sosial.

Dalam video shalat dengan gerakan aneh itu terlihat jelas seorang wanita yang menggeleng-gelengkan dan mengangguk-anggukan kepala ketika melaksanakan shalat.

Netizen pun berbeda pendapat, ada yang menyebutnya sebagai wanita yang mengidap gangguan jiwa.

Namun ada pula netizen yang menyebutnya pengikut aliran sesat.

Tak lama kemudian muncul jawaban atas simpang siurnya video gerakan shalat aneh itu terjawab dengan adanya klarifikasi dari @Irma Palembang yang mewakili Yayasan Masjid Agung Palembang.

Dalam penjelasan tersebut menyebut bahwa wanita yang salat dengan gerakan aneh mengalami ganggan jiwa. 


Belum hilang soal gerakan aneh saat shalat tersebut, kini beredar sebuah video aktivitas sejumlah di dalam sebuah masjid.

Dalam rekaman video tersebut tampak seluruh jemaah yang mengenakan busana seperti hendak melakukan salat.

Mereka menggoyangkan badan ke kiri dan kenana sambil mengeluarkan kalimat yang tidak begitu jelas didengar.

Hal itu membuat heboh pengguna media sosial.

Beberapa heran dengan aktivitas semacam itu dan aliran apakah yang melakukan ritual seperti itu di masjid. Berikut komentar netizen:

Dalia Labk : "Ini daerah- mana bunda ? Astagfirullah alazim SMG d jauh kan yaa Alloh ??"

Rizky Eyka : "Astagfirulloh agama buat mainan"

Waali Al Ali : "Ehats iz that ???????are they a muslims"

Rina Setyawatira : "Astagfirullah ini aliran apalagi yaaa"

Ddody Pranata : "Barurung jelema teh tarari di jero Masjid ,,di sarua keun jeung Sanggar tari"

Titi Bekti : "La ko mukena dipakai joget2. G salah tuh"

Berikut video-nya...



Namun ternyata inilah fakta sebenarnya..

Keributan video viral ini dibantah oleh akun Iizt Wae Lagh yang memberikan penjelasan gerakan dalam masjid tersebut.

Dirinya mengatakan bahwa di dalam video tersebut bukanlah gerakan shalat, dan jelas bukan termasuk ajaran sesat. Gerakan tersebut adalah "ratik tagak".

Bismillahirrohman nirrohim ...
Beredar video yang banyak di share dan memfitnah urang awak minangkabau dan dituduh sesat karena dianggap melakukam sholat tak lazim , padahal dalam video itu bukan sedang melaksanakan sholat melainkan sebuah gerakan yang diluar sholat dan saat seluruh kegiatan tarawih, dzikir dan do'a selesai dilaksanakan , gerakan itu disebut "ratik tagak"

Sebagai putera minang aku akan membantah tuduhan fitnah keji yang dituduhkan kepada sanak famili ninik mamak yang dianggap sesat karena melakukan ratik tagak ...

ratik tagak adalah gerakan membungkukkan badan sedikit dengan tangan menghempaskan ke tanah , ratik tagak itu dilakukan setelah sholat terawih 20 rakat + witir 3 rakaat , dzikir wirid dan do'a selesai dilaksanakan artinya ratik tagak itu dilakukan setelah kegiatan sholat telah selesai ,

Apa sih fungsi dan kegunaan ratik tagak itu ?

Saat seseorang melaksanakan shalat terawih 20 rakaat dan witir 3 rakat dan dilanjutkan dengan duduk dzikir wirid dan do'a , pada tubuh akan mengalami ketegangan otot dan kekakuan tulang hal itu dapat menimbulkan kebas kebas, kesemutan atau rasa malas , maka jama'ah pun melakukan gerakan ratik tagak dengan diiringi dzikir "La illa ha illallah" dengan membungkukkan badan sedikit agar tulang dan otot mengalami relaksasi agar menghilangkan rasa kebas, kesemutan dan gejala keram yang akibat terlalu lama berdiri, ruku dan duduk selama melaksanakan sholat terawih dan menghilangkan letih yang menimbulkan rasa malas , sedangkan gerakan tangan menghempas ke tanah selain untuk relaksasi juga untuk menghancurkan rasa malas yang menghinggapi , malas adalah temannya setan maka dari itu gerakan tangan menghempaskan tangan ketanah itu mengisyaratkan membanting setan malas didalam diri ke tanah ...

Gerakan ratik tagak ini bukan sesuatu yang aneh dan asing bahkan di majelis saya sendiri gerakan ratik tagak seperti itu dilakukan pada saat hadrah mahalul qiyam setiap dzikir dan hadrah, bahkan ditimur tengah gerakan ratik tagak bukanlah hal yang aneh dan asing bagi orang orang arab , bahkan sejak masa kekhalifahan ustmaniyyah gerakan ratik tagak itu sudah dilakukan di istana khalifah saat MAULID AKBAR dilangsungkan oleh SULTAN Ustmaniyyah dulu ... Namun karena yang upload dan posting adalah alien makhluk asing yang merasa kumpulan orang asing yakni SALAFIWAHABI maka akhirnya menjadi merasa aneh dan asing ..

kami urang awak minang kabau ga pernah usil dengan budaya tari perang badui najd yang ga ada gunanya itu dan ga pernah usil ataupun komplain budaya tari perut kaum wanita badui najd , lantas kalian kok usil dan memfitnah kami urang minang sebagai sesat dan murtad hanya lantaran melakukan kebiasaan ratik tagak yang menjadi tradisi budaya ? Kalian alien salafiwahabi mau ngajak ribut dan perang dengan urang awak minang kabau ? Ayo dimana kalian mau ketemu biar kita selesaikan ini dengan adu fisik aja sekalian , kurang ajar kalian menuduh sanak famili ninik mamak minangkabau kami sebagai kaum sesat murtad apa mau kami sambal mulut kalian itu ??

nb : kalau kalian mau meluruskan masalah ini dan mau menghentikan fitnah ini bantu saya komen di Link ini :
https://m.facebook.com/story.php…

Banyak orang yang tidak tahu apa itu RATIK TAGAK akhirnya membully, menuduh sesat , menuduh murtad bahkan sampai menuduh para ninik mamak Minang kabau kami di kampung sebagai gerombolan aliran setan , padahal NINIK MAMAK kami tidak tahu menahu dengan sosial media dan masalah ini , mereka hanya tahunya bekerja dan beribadah ...

Diambil dari facebook Jefri Nofendi



Sumber : posberita


.

Viral! Muncul Video Jamaah yang Lakukan Gerakan Aneh di Dalam Mesjid! Ini Fakta Sebenarnya!
4/ 5
Oleh