Buah Ini Biasa Diremehkan, Tumbuh Liar Di Sawah, Namun Bila Dijual di Swalayan, Harganya Mahal Banget. Kamu Bakalan Kaget!!

Baca Juga

TheViralz - Apakah kamu tahu bentuk buah ceplukan atau ciplukan?Buah ini memiliki nama lain cecenet atau cecendet, nyunyuran dan kopok-kopokan. Bila dalam bahasa latin, tanaman ini namanya Physalis.

Tanaman ini biasanya tumbuh liar di persawahan, ada di sekitar rumput dan jadi mainan anak-anak di desa. Nah, tahukah kamu ternyata tanaman ini punya nilai ekonomis. Kalau gak percaya, cek saja di swalayan atau minimarket yang menjual tanaman sayur mayur.


Di sana tanaman ciplukan ini harganya amat mahal, padahal itu hanya 100 gram saja. Beberapa akun Instagram juga mulai ramai membicarakan tanaman ciplukan itu. Ya, mereka heboh sebab tanaman yang biasanya jadi mainan atau dibiarkan begitu saja, ternyata memiliki harga yang mahal.

Akun @yosafat_barus, “Ini dulu mainan saya, buat kyak ballon, tp gak tau klo bs d makan...”

@dewikarina021090, “Buah ini enak rasanya kaya tomat cherry, tapi enakan ini.”

@empud88, “Cecenet... Dulu kalau mau, tinggal brankat ke kebun gak di tanam juga dah ada tumbuh sendiri.”

@indach_octav, “Udah langka buahnya.. Dulu metikin buat mainan dibuang bunag. Kalo tau hrgany bakal mahal mending ditabung tuh buah ciplukan wkkw.”

Berikut penampakan tumbuhan ciplukan yang terdapat di sebuah swalayan di Indonesia.


Penampakan ini diunggah oleh akun @kartun_muslimah beberapa waktu lalu. Dalam postingan tersebut, terlihat sekitar 12 buah ciplukan yang dibungkus rapi dalam sebuah mika kecil. Terdapat label harga sekaligus barcode yang melekat di atas mika tersebut. Namun yang membuat takjub netizen adalah harga yang dipatok untuk 10 biji buah ciplukan itu.

“Ditempatmu namanya apa? Ini buah waktu kecil tumbuh liar di pinggir kali, semak2, tinggal petik langsung makan. Mari kita bertanam dan berkebun ciplukan!!!...hehe,” tulis akun itu. 

Melihat harga yang tertera pada label di foto tersebut, pengguna Instagram sontak berkata mahal. Mereka merasa, buah itu adalah buah yang bisa dipetik secara gratis di beberapa daerah.

“Mahal banget.. Tempet ku tinggal petik.. Tumbuh liar,” komentar @caturdeelta.

“Ceplukan. Mahal bgt 30rb segitu (emoji) buah ini mah disamping rumah sy ada pohonnya tinggal metik doang hahahaha,” tulis @mahardikaaahh.

“Mahaaal,, didesa kami gratis tuh,” akun @anwar.assyuhada.

“ET dah mahal bed,” tanggapan @taupik3682.

“Ciplukan. Mahal amat tu harga nya. Padahal banyak di pinggir sawah. Eh malah jual nya mahal amat wkwk,” komentar @surya.agustindwis.

Ya, di sana terlihat untuk mendapatkan buah ini 12 biji kamu harus mengeluarkan sekitar Rp 30 ribu. Catatan juga, belum diketahui pasti dimana dan buah Physalis jenis apa yang terbungkus dalam postingan di atas. Bisa jadi jenis ciplukan di atas berbeda dengan yang kamu temukan di alam liar.


sumber : travel.tribunnews.com

.

Buah Ini Biasa Diremehkan, Tumbuh Liar Di Sawah, Namun Bila Dijual di Swalayan, Harganya Mahal Banget. Kamu Bakalan Kaget!!
4/ 5
Oleh