JANGAN PANIK Saat Ada Orang Kesetrum di Dekat Anda! Ikuti 4 Langkah Jitu Menolong Korban Kesetrum Agar Korban Selamat!

The Viralz - Kesetrum atau terkena sengatan listrik merupakan sebuah kecelakaan yang sangat berbahaya. Bahkan juga bisa menyebabkan kematian seketika. 

Hal ini dikarenakan arus listrik yang melewati tubuh akan merusakkan semua jaringan. Seperti saraf, otot serta dapat menghentikan kerja jantung. Sehingga tak jarang seorang yang tersengat arus listrik atau kesetrum akan mengalami kejang, dehidrasi bahkan bisa merenggut nyawa seseorang.




Tersengat arus listrik atau kesetrum ini dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Sehingga jika mengetahui seseorang kesetrum maka harus segera mendapatkan pertolongan pertama dengan cepat dan benar. Karena jika korban tidak segera mendapatkan pertolongan maka bisa berakibat fatal.

Namun selain penangan yang cepat, dalam pertolongan pertama juga harus dilakukan dengan benar. Tujuannya untuk menghindari terjadinya penambahan jumlah korban yang tersengat listrik.

Berikut cara menolong korban kesetrum dengan benar. Seperti yang dilansir TribunStyle dari laman Klik Dokter berikut.

1. Jangan langsung menyentuh korban
Jangan langsung terburu-buru menyentuh korban. Sebaiknya perhatikan dahulu kondisi si korban. Lihat apakah korban masih terhubung dengan aliran listrik atau tidak. Jika korban masih terhubung dengan listrik, bisa jadi kita akan ikut kesetrum.

2. Matikan sumber arus listrik
Dengan cara mematikan arus listrik atau cabut kabel yang menyebabkan sengatan, jika aman. Jika arus listrik tidak bisa dihentikan, dorong korban dengan alat yang tidak menghantarkan listrik. Misalnya sapu, kursi, atau tongkat kayu. Gunakan alas kaki atau berdirilah di atas bahan yang tidak menghantarkan listrik seperti matras karet atau tumpukan koran.

3. Pindahkan korban
Jika lokasi kejadian tidak aman, pindahkan korban ke tempat lain, lalu segera bawa korban ke pusat layanan medis terdekat. Bisa juga dengan menghubungi nomor darurat agar si korban dijemput.

4. Periksa tubuh korban
Periksa tubuh korban dengan teliti dan berurutan. Mulai dari kepala, leher, hingga kaki. Apabila terdapat luka, hindari menyentuhnya. 

Itulah cara yang benar dalam meneolong korban kesetrum. Yang paling penting jangan langsung panik dan gegabah. Semoga bermanfaat...




Sumber : style.tribunnews.com
Loading...

.

JANGAN PANIK Saat Ada Orang Kesetrum di Dekat Anda! Ikuti 4 Langkah Jitu Menolong Korban Kesetrum Agar Korban Selamat!
4/ 5
Oleh