Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kultum Tentang Sedekah

 

materi kultum tentang sedekah

D-viralz.com | Hai sahabat pembaca sekalian, pada artikel ini admin akan berbagi materi kultum tentang sedekah. Apa itu sedekah? Apa hukumnya? Simak berikut ini:

SEDEKAH

Diantara sekian banyak ibadah yang Allah syariatkan kepada kaum muslimin, salah satunya adalah bersedekah. Sedekah adalah berbagi kenikmatan yang telah Allah anugrahkan kepada sesama manusia, atau kepada tetangga, teman, kerabat, dan lain sebagainya.

Apa keutamaan sedekah? Sedekah mempunyai keutamaan yang banyak, diantaranya bahkan Allah menyifati orang yang bertakwa dengan sifat yang gemar bersedekah, sebagaimana firmannya:

...........أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (133) الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (134)

“.............disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, yaitu orang yang menginfakkan(menyedekahkan) hartanya diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang menahan amarahnya, dan orang-orang yang memaafkan kesalahan orang lain, dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.(QS.Ali imran 133-134)

Bagaimana cara bersedekah? Kadang, kita berpikir bahwa yang dinamakan

bersedekah adalah memberikan sebagian harta kita ke orang lain. Namun faktanya sedekah tidak identik dengan harta saja. Banyak macam sedekah yang tanpa menggunakan harta.

Hal itu sesuai dengan sifat Allah yang maha adil. Jika sedekah hanya bisa dilakukan dengan harta, maka orang miskin tidak bisa merasakan pahala ibadah sedekah. Pahala sedekah hanya berputar putar dikalangan orang kaya saja. Oleh sebab itu Allah ta’ala membuat berbagai jalan sedekah. Ada sedekah yang menggunakan harta, dan ada pula sedekah yang tidak memakai harta.

Dahulu ada salah seorang sahabat yang mengadukan permasalahannya seputar sedekah ini kepada rasulullah. Ia mengadukan tentang kefakirannya akan harta, sehingga ia tidak bisa bersaing dengan orang-orang kaya dalam bersedekah. Maka rasulullah memberi tahu bahwa sedekah tidak harus menggunakan harta. Sebagaimana kandungan hadits berikut ini:

 

يَا رَسُولَ اللهِ، ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ بِالْأُجُورِ، يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّي، وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ، وَيَتَصَدَّقُونَ بِفُضُولِ أَمْوَالِهِمْ، قَالَ: " أَوَلَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللهُ لَكُمْ مَا تَصَّدَّقُونَ؟ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةً، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ، وَفِي بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، أَيَأتِي أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أَجْرٌ؟ قَالَ: «أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِي حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ فِيهَا وِزْرٌ؟ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِي الْحَلَالِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ(رواه مسلم 1006)

 

 “Wahai rasulullah, orang-orang kaya telah pergi membawa pahala mereka,

mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami

puasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta benda mereka. Beliau

bersabda: Bukankah telah Allah berikan untuk kamu apa yang dapat kamu

sedekahkan? Sesungguhnya setiap ucapan tasbih itu adalah sedekah, setiap

takbir adalah sedekah,setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah

sedekah, memerintahkan kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran

adalah sedekah, dan didalam kemaluan kamu juga terdapat sedekah, mereka

berkata: wahai rasulullah, apakah salah seorang dari kami menumpahkan

syahwatnya dia akan mendapat pahala? Rasulullah berkata: Bagaimana

pendapatmu kalau diletakkan pada yang haram, bukankah dia berdosa? Maka

demikian pula kalau diletakkan pada yang halal, tentu dia memperoleh

pahala.(HR.Muslim 1006)”

Jika kamu tergolong orang yang tidak mampu bersedekah dengan harta, berikut ini admin beritahu amalan lain yang bisa dilakukan seseorang untuk

mendapatkan pahala sedekah. Amalat itu adalah menunaikan shalat sunnah

dhuha.

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى(رواه مسلم 720)

 

 “Pada pagi hari, setiap ruas tulang salah seorang diantara kalian itu ada sedekahnya. Maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan yang mencukupkan dari semua itu adalah dua rakaat shalat dhuha.(HR.Muslim 720)”

Selain shalat dhuha, masih banyak ibadah ibadah badaniyah yang mendatangkan pahala sedekah. Namun admin tidak bida menguraikan semuanya disini.

 

Itulah contoh kultum singkat tentang sedekah, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk diamalkan, karena ilmu yang bermanfaat itu ilmu yang diamalkan dalam kehidupan sehari hari. Kalian bisa download versi PDFnya disini (download).

Posting Komentar untuk "Kultum Tentang Sedekah"