Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Universitas dan Perguruan Tinggi di Sorong Tahun 2021

macam macam perguruan tinggi di sorong papua barat
 

Kota sorong merupakan kota yang ramai dan maju di daratan papua. Meskipun ia bukan ibu kota provinsi, namun letaknya yang strategis dan statusnya yang merupakan pintu gerbang masuk ke papua, membuat wilayah ini ramai, dan menjadi tujuan perantauan banyak orang.

Disamping itu, ia juga menjadi tempat tujuan para pelajar yang ingin melanjutkan perkuliahan, karena di disini terdapat berbagai universitas maupun sekolah tinggi. Tentunya kampus yang berjumlah banyak di sorong, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelajar karena bisa memilih milih mana yang cocok sebagai tempat melanjutkan studi. Berikut ini kami paparkan beberapa kampus yang ada di sorong, sebagai pertimbangan dalam memilih kampus terbaik untuk melanjutkan studi kalian.

Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS)

kampus ums sorong papua barat
sumber: sorong.terkini.id
Ums sorong berada di jalan Pendidikan No. 28  Kelurahan Remu Utara. Pada mulanya ia hanyalah sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) dengan nama STIA Al Amin, kemudian berkembang dan berubah bentuk menjadi unuversitas dengan nama Universitas Al Amin yang disingkat UNAMIN. Kemudian ia berubah nama kedua kalinya Menjadi Universitas Al Amin Muhammadiyah Sorong dan yang terakhir adalah berubah nama menjadi Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS).

Kampus ini membuka 6 fakultas dengan jumlah program studi 13. Diantaranya adalah fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, hukum, teknik, ekonomi, pertanian, perikanan, dan Fkip. 

Universitas Kristen Indonesia Papua ( UKIP)

Universitas ini beralamat di Jalan F kalasuat, Kelurahan  Malanu Sorong. Disini terdapat 5 fakultas yang bisa dipilih, yakni fakultas Teknik mesin, pertanian,  ekonomi dan manajeman, dan teologi.

IAIN Sorong (Institute Agama Islam Negeri)

STAIN Sorong dulunya adalah milik swasta dengan Nama STID AL Hikmah  atau sekolah  Tinggi Agama Islam Swasta (STAIS) Al Hikmah. Ia menempati gedung yang dimiliki MAN Model kota Sorong yang ada di km 7 jalan basuki rahmat. Kemudian ia berubah status menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 2006.

Saat ini Stain sorong telah membangun gedung sendiri yang berlokasi di jalan basuki rahmat No. 40  km 16 yang berhadapan dengan hutan lindung. Pada tahun 2018 Stain mengajukan perubahan status dari STAIN menjadi IAIN (institute agama islam negeri) dan itu terwujud pada tahun 2020 dengan dikeluarkannya  PERPRES No. 40 Tahun 2020.

Iain sorong membuka 3 fakultas, yakni tarbiyah, dakwah dan komunikasi, serta syariah, dan satu program studi jenjang magister (pascasarjana).

STIE Bukit Zaitun

STIE Bukit Zaitun didirikan pada 19 Februari 2004 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No : 20 Tahun 2004. Ia berada di jl. Kapten Tendean, KM 8, Sorong atau berada  pas di belakang Supermarket Mega Kota Sorong. Disini terdapat 5 program studi yang bisa dipilih, yakni sebagai berikut:

1. Program Studi Manajemen (S1)

2. Program Studi Akuntansi (S1)

3. Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)

4. Program Studi Perpajakan (D3)

5. Program Studi Keuangan dan Perbankan (D3)

Universitas Victori

Universitas victori atau yang biasa disebut UNVIC berdiri pada 05 Juni 1992. Pada awal pendiriannya, ia masih berbentuk Akademi Manajemen Victory Sorong. Kemudian pada tahun 2000, status Akademi Victory Sorong berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Victory Sorong dengan 3 program studi yaitu Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. Pada tanggal 05 Juni 2008 STIE Victory berubah status lagi menjadi Universitas Victory Sorong. Kampus ini memiliki 5 fakultas dan 11 Program Studi Strata.

Unimuda Sorong

Kampus ini berlokasi di jl Kh ahmad dahlan No. 1 kelurahan mariat pantai distrik aimas kabupaten sorong. Pada awalnya ia berbentuk sekolah tinggi dengan nama STIKIP Muhammadiyah Sorong. Kemudian ia berubah bentuk menjadi universitas dengan nama UNIMUDA Sorong atau universitas pendidikan muhammadiyah sorong. Kampus ini menempati area yang luas dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang.

kampus unimuda sorong papua barat
sumber: facebook.com | unimuda sorong

Kampus ini membuka 3 fakultas, yakni fakultas FKIP, Fakultas sains dan teknologi, fakultas ilmu sosial dan humaniora, dengan 21 program studi yang bisa dipilih.

POLTEKES Sorong

Politeknik kesehatan ini beralamat di Jalan Basuki Rahmat Sorong,  km 11, atau berada di samping Markas Yonif 752 /VYS. Ia merupakan institusi pendidikan negeri. Ia berdiri sendiri pada tahun 2012, dan telah memiliki 3 jurusan yaitu keperawatan, kebidanan, dan gizi. Jurusan keperawatan meiliki 3 program studi d-iii dan 1 program studi d-iv dan jurusan kebidanan memiliki 2 prodi d-iii serta jurusan gizi memiliki 1 prodi d-iii. Selain disorong, ia juga memiliki kampus di kabupaten manokwari dan di kabupaten fakfak.

STIKES Papua (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan)

STIKES Papua beralamat di Jalan Kanal Victory km.10 Kota Sorong. Ia merupakan perguruan tinggi swasta. Terdapat 5 program studi yang bisa dipilih disini, yakni Ilmu Keperawatan Program Sarjana, Profesi Ners, Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, Formasi Program Sarjana, dan Analisis Kesehatan Program Diploma III.

Ma'had Bilal Bin Rabbah Sorong

Ma’had bilal bin rabah merupakan lembaga pendidikan bahasa arab dan studi islam. Ma’had ini didirikan atas kerja sama Unimuda sorong dengan AMCF (asian muslim charity foundation) yang berkantor di jakarta. Lembaga ini membuka 2 program, yakni program bahasa arab (setara D II / Diploma II) dan program tahfidz Qur’an. Ia berlokasi di dalam komplek kampus unimuda sorong yang ada di jl ahmad dahlan no. 1 kelurahan mariyat pantai distrik aimas kabupaten sorong.

Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Politeknik ini berdiri pada tahun 2002 dengan nama Politeknik Katolik Saint Paul-Sorong. Ia berlokasi di Jalan RA. Kartini,  Kampung Baru Sorong. Disini ada 6 program studi yang bisa dipilih, yakni :

1. D4/S1 Rekayasa Teknik Sipil

2. D4/S1 Akuntansi Keuangan

3. D4/S1 Rekayasa Teknik Mesin

4. D4/S1 Rekayasa Teknik Elektro

5. D4/S1 Teknik Komputer

6. D4/S1 Akuntansi Perpajakan

Akademi Akuntansi Trinitas Sorong

Ia berdiri pada 5 juli 1996 dan berlokasi di jalan Cendrawasih no 7,  Remu, Sorong. Disini hanya terdapat 1 program studi, yakni prodi akuntansi.

POLTEK KP SORONG (politeknik kelautan dan perikanan sorong)

Akademi Perikanan Sorong (APSOR) berdiri pada tanggal 01 Mei 2001. Seiring berjalannya waktu, ia berubah status menjadi politeknik dengan nama  Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong yang disingkat Poltek KP Sorong. Disini terdapat 3 prodi yang bisa dipilih, yakni Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Teknologi Budidaya Perikanan (TBP),  dan Mesin dan Peralatan Perikanan (MPP). Ia berlokasi di jalan tanjung Kasuari Kota Sorong, di pinggir laut yang jauh dari keramaian penduduk kota.

Itulah daftar universitas atau perguruan tinggi yang ada di sorong papua barat. Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang perkuliahan, silahkan dipilah-pilah mana yang kampus ataupun program studi yang cocok buat kamu.

Posting Komentar untuk "Daftar Universitas dan Perguruan Tinggi di Sorong Tahun 2021"