Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ceramah Singkat Tentang Kewajiban Menutup Aurat

 

ceramah singkat tentang kewajiban menutup aurat

D-viral.com | Hai sahabat pembaca sekalian, disini saya akan berbagi tentang materi kultum tentang kewajiban menutup aurat bagi seorang muslim. Langsung saja simak berikut ini contohnya:

Ceramah Singkat Tentang Kewajiban Menutup Aurat

Puji syukur kehadirat Allah ta’ala atas limpahan rahmat, taufiq serta hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita masih diberikan keistiqamahan untuk berpegang teguh terhadap agam islam. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada nabi kita muhammad shallallahu alaihi wasallam, begitu juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dan kepada para umatnya hingga akhir zaman.

Diantara syariat islam yang di bebankan kepada umatnya adalah kewajiban menutup aurat, yaitu menutupi anggota tubuhnya dengan pakaian. sebagaimana hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam:

لاَ يَنْظُرُ الرَّجُلُ إِلَى عَوْرَةِ الرَّجُلِ، وَلاَ الْمَرْأَةُ إِلَى عَوْرَةِ الْمَرْأَةِ، وَلاَ يُفْضِي الرَّجُلُ إِلَى الرَّجُلِ فِي الثَّوْبِ الْوَا حِدِ، وَلاَ تُفْضِي الْمَرْأَةُ إِلَى الْمَرْأَةَ فِي الثَّوْبِ الْوَحِدِ

Artinya:”Janganlah seorang lelaki melihat aurat lelaki lainnya, dan janganlah seorang wanita melihat aurat wanita lainnya. Seorang pria tidak boleh bersama pria lain dalam satu kain, dan tidak boleh pula seorang wanita bersama wanita lainnya dalam satu kain. (HR. Muslim. No. 338)

Sebagai seorang yang punya akal, tentu sesorang akan malu apabila beraktifitas dalam keadaan telanjang. Oleh sebab itu disyariatkanlah untuk berpakaian, namun bukan sembarang pakaian, tapi pakaian yang bisa menutup aurat seseorang. Adapun aurat laki-laki adalah apa yang ada di antara pusar dan lutut. Sedangkan aurat perempuan adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Adapun dalilnya adalah sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berikut ini:

أسفلِ السُّرَّةِ وفوقَ الركبتينِ من العورة (رواه البيهقي)

Artinya:”Yang termasuk aurat adalah yang dibawah pusar sampai di atas kedua lutut. (HR. Al Baihaqi)

أَنَّ أَسْمَاءَ بِنْتَ أَبِي بَكْرٍ دَخَلَتْ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهَا ثِيَابٌ رِقَاقٌ فَأَعْرَضَ عَنْهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِ (رواه أبو داود)

Artinya:Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, “wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita apabila sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, Rasulullah menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya. (HR. Abu Daud).

Selain sebagai bentuk ketaatan kita terhadap perintah Allah ta’ala, menutup aurat juga memiliki berbagai manfaat. Berikut ini adalah beberapa kegunaan, fungsi, kebaikan, kelebihan, serta manfaat yang bisa diperoleh dari menutup aurat :

1. terhindar dari dosa yang diakibatan karena mengumbar aurat
diantara sebab yang menyebabkan banyak wanita masuk neraka adalah karena mereka tidak menutup aurat mereka di mata orang-orang yang bukan mahramnya.
Begitu besarnya madharat yang bisa diperoleh dari mengumbar aurat, maka Tuhan melarang manusia mengumbar aurat.

2. terhindar dari fitnah, tuduhan atau pandangan negatif
Orang-orang yang
suka mengumbar auratnya secara terang-terangan bisa saja dituduh sebagai wanita nakal, pelacur, wanita murahan, cewek penggoda, perempuan eksperimen, tukang rebut suami orang, dan lain-lain. Oleh sebab itu hindari memakai pakaian minim yang memperlihatkan bagian tubuh yang dapat merangsang lawan jenis (kaum pria) untuk meredam berbagai fitnah.

3. Mencegah munculnya hawa nafsu sesama jenis maupun lawan jenis
Secara umum laki-laki yang normal akan terangsang syahwatnya jika melihat wanita yang memakai pakaian ketat, modis, celana pendek atau rok mini ketat, rambut disalon, wajah dimakeup seksi, dan lain sebagainya. Banyak lelaki yang ingin me
mperkosa wanita yang seperti itu baik itu secara paksa maupun tanpa paksaan.

4. Menunjukkan diri sebagai bukan perempuan / laki-laki murahan
Menutup aurat adalah suatu identitas
bagi orang-orang yang baik. Ditambah lagi dengan perilaku yang baik dan sopan maka mustahil ada orang yang mengatakan kita sebagai perempuan murahan atau lelaki murahan.

5. Melindungi tubuh dan kulit dari lingkungan, khususnya dari sinar ultraviolet
Dengan memakai pakaian yang menutupi tubuh dengan sempurna maka kita tidak akan merasakan kepanasan saat mentari bersinar terik, tidak merasakan kedinginan saat suhu sedang dingin. Begitu
juga dengan debu dan kotoran akan terhalangi ketika akan mengenai kulit kita langsung sehingga kebersihan tubuh tetap terjaga dengan baik.

6. Mencegah rasa cemburu suami atau istri kita
Jika suami atau istri suka tampil menggoda (seksi), maka pasangannya kemungkinan akan merasa cemburu jika ada orang yang menggoda atau bahkan hanya sekedar melihat dengan pandangan penuh nafsu birahi. Oleh sebab itu Jangan biarkan rasa cemburu muncul dalam kehidupan rumah tangga kita, karena itu merupakan permulaan dari kehancuran atau kerusakan sebuah keluarga yang bahagia.

7. tercegah dari terkena penyakit dan gangguan kesehatan
Penyakit-penyakit yang dapat muncul jika kita berpakaian terbuka auratnya di lingkungan terbuka adalah bisa seperti: kulit terbakar, kanker kulit, kulit menjadi hitam atau kusam, noda flek di kulit, dan lain-lain. Cegah penyakit serta gangguan kesehatan tersebut dengan mengenakan pakaian yang tertutup yang bisa melindungi tubuh dari faktor-faktor penyebab penyakit serta gangguan kesehatan yang telah disebutkan diatas.

8. Memberikan sesuatu yang spesial bagi pasangan kita
Buka
lah aurat pada saat di depan suami atau istri kita saja. Hal yang demikian itu biasanya akan sangat dihargai dan disayangi oleh pasangannya. Lebih-lebih lagi bisa menjaga kesucian dirinya hingga terlaksananya akad pernikahan. Di depan orang lain yang bukan mahram, aurat harus selalu terjaga dengan baik.

9. Menghindarkan diri kita dari berbagai tindakan kejahatan
Kebanyakan perempuan yang auratnya terbuka adalah yang paling banyak menjadi korban pemerkosaan maupun tindak kriminal lainnya seperti penjambretan, perampokan, hipnotis, dan lain sebagainya. Bandingkan dengan
perempuan bercadar yang tampil tidak menarik di mata penjahat karena penampilannya yang misterius membuat pelaku kejahatan malas menjahatinya.

10. Menutupi aib yang ada pada diri sendiri
Jika ada cacat pada kulit maupun tubuh kita, kita bisa menututupinya dengan menggunakan pakaian yang tertutup sehingga tidak ada seorang pun yang mengetahui kecacatan yang terjadi pada diri kita. Jika diumbar di depan
kalayak ramai, ya sudah pasti semua orang akan tahu cacat yang kita punya.

Tutuplah aurat dengan Niat beribadah kepada Allah ta’ala, menunaikan perintahNya. Jangan sampai kita berhias (berpakaian) dalam rangka sesuatu yang diharamkan Allah.
Dan ketahuilah, hukumnya haram jika Berhiasnya wanita bukan untuk suaminya.

Itulah ceramah singkat tentang kewajiban menutup aurat, semoga bermanfaat dan bisa diamalkan.

Posting Komentar untuk "Ceramah Singkat Tentang Kewajiban Menutup Aurat"