Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kultum Tentang Adab Makan dan Minum Dalam Islam

kultum tentang adab dan minum

D-viralz.com | Hai sahabat viralz semuanya, disini kita masih melanjutkan pembahasan tentang contoh-contoh kultum seperti sebelum-sebelumnya. Pada artikel ini saya akan menulis tentang kultum tentang adab makan dan minum. Bagi kalian yang sedang mencari referensi untuk kultum atau untuk keperluan lainnya, silahkan disimak artikel ini sampai selesai. Kalian juga bisa membaca-baca artikel-artikel lainnya di blog ini.

Teks Kultum tentang adab makan dan minum

حمدا وشكرا لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم القيامة

Puji dan syukur kehadirat Allah ta’ala, shalawat serta salam kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, keluarganya, para sahabatnya, dan kepada umatnya hingga hari kiamat.

Para hadirin yang dirahmati Allah ta’ala.....

Agama islam adalah agama yang lengkap, dalam artian mengatur segala sendi-sendi kehidupan manusia, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, mulai hal-hal sepele sampai hal-hal yang besar, mulai dari permasalahan pribadi sampai permasalahan umat, semuanya diatur oleh agama islam. Diantara hal-hal sepele dan bersifat pribadi yang diatur oleh agama islam adalah adab makan dan minum.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah mengajarkan kepada umatnya bagaimana adab makan dan minum, beliau bersabda:

يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِيْنِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيْكَ (رواه البخاري ومسلم)

Artinya: “Hai anak muda, sebutlah nama Allah (bismillah), dan makanlah menggunakan tangan kananmu, dan makanlah apa-apa yang dekat denganmu”(HR.Bukari dan Muslim)

Beliau juga bersabda:

لاَ آكُلُ مُتَّكِئًا إِنَّمَا أَنَا عَبْدٌ آكُلُ كَمَا يَأْكُلُ الْعَبْدُ وَأَجْلِسُ كَمَا يَجْلِسُ الْعَبْدُ (رواه البخاري)

“Aku tidak pernah makan sambil bersandar, aku hanyalah seorang hamba, aku makan sebagaimana layaknya seorang hamba dan aku pun duduk sebagaimana layaknya seorang hamba.”(HR. Al-Bukhari)

مَنَ أَكَلَ طَعَاماً وَقَالَ: اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ، غُفِرَ لَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (رواه أبو داود)

Barangsiapa sesudah selesai makan berdo’a: ‘Alhamdulillaahilladzi ath‘amani hadza wa razaqqaniihi min ghairi haulin minni walaa quwwatin (Segala puji bagi Allah yang telah memberi makanan ini kepadaku dan yang telah memberi rizki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku),’ niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu.(HR. Abu dawud)

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الخُدْرِيِّ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنِ النَّفْخِ فِي الشُّرْبِ (رواه الترمذي)

Dari Abi said al khudri, bahwasanya “Nabi shallallahu alaihi wasallam melarang untuk meniup (dalam gelas) ketika minum”(HR.Tirmidzi)

عن أنس عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه نهى أن يشرب الرجل قائما، قال قتادة: فقلنا فالأكل، فقال: "ذاك أشر أو أخبث" (رواه مسلم)

Dari anas, Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim)

Dari hadits-hadits diatas, dapat disimpulkan bahwa diantara adab-adab makan dan minum adalah sebagai berikut:

1. Mengucapkan bismillah tatkala mau makan

2. Makan menggunakan tangan kanan

3. Makan sambil duduk (tidak sambil berdiri)

4. Tidak makan sambil bersandar

5. Tidak meniup minuman dalam gelas

6. Bersyukur setelah makan dengan mengucapkan hamdalah

7. Makan makanan yang dekat dengan kita jika sedang makan bersama

 

Cukup sekian kultum singkat yang bisa saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat bagi kita semua, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh kultum singkat tentang adab makan dan minum, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Posting Komentar untuk "Kultum Tentang Adab Makan dan Minum Dalam Islam"