Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kultum Singkat Tentang Berbakti Kepada Ibu

kultum singkat tentang berbakti kepada ibu

D-viralz.com |
Hai sahabat viralz semua, ibu merupakan sosok yang sangat berjasa dalam kehidupan kita selain ayah. Karena beliaulah yang melahirkan, mengasuh dan mendidik kita. Oleh sebab itu agama islam memerintahkan seorang anak untuk berbakti kepada ibunya. Disini saya akan berbagi kepada kalian artikel seputar contoh kultum singkat tentang berbakti kepada ibu.

Teks kultum singkat tentang berbakti kepada ibu

Kita bersyukur kepada Allah dengan mengucapkan Alhamdulillah atas berbagai rahmat dan nikmat-nikmat-Nya yang Allah karuniakan kepada kita, seperti karunia mempunyai orang tua yang lengkap. Berapa banyak anak-anak diluar sana yang sejak lahir sudah tidak melihat orang tuanya, baik itu disebabkan karena kematian ataupun sebab sebab lainnya.

Shalawat serta salam kita kirimkan kepada nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam, begitu juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dan kepada ummatnya yang senantiasa berpegang teguh terhadap ajarannya.

Para hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah ta’ala……..

Salah satu ajaran agama islam adalah birrul walidain, yakni berbakti kepada orang tua. Allah banyak menyinggung masalah ini dalam berbagai ayat dalam al Qur’an, diantaranya:

 

قُلْ تَعَالَوْا اَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ اَلَّا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا

 

“Katakanlah: “Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kalian oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kalian mempersekutukan sesuatu dengan Dia, dan berbuat baiklah terhadap kedua orang tua” (QS. Al An’am: 151)

 

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

 

“Sembahlah Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua” (QS. An Nisa: 36)

 

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

 

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kalian berbuat baik kepada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya” (QS. Al Isra: 23)

Ayat-ayat diatas memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada kedua orang tua kita, yakni ibu dan bapak kita. Disebuah hadits ada perintah khusus untuk lebih berbakti kepada ibu.

يا رسولَ اللهِ ! مَنْ أَبَرُّ ؟ قال : أُمَّكَ ، قُلْتُ : مَنْ أَبَرُّ ؟ قال : أُمَّكَ ، قُلْتُ : مَنْ أَبَرُّ : قال : أُمَّكَ ، قُلْتُ : مَنْ أَبَرُّ ؟ قال : أباك ، ثُمَّ الأَقْرَبَ فَالأَقْرَبَ

 

“wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: ayahmu, lalu yang lebih dekat setelahnya dan setelahnya” (HR. Al Bukhari dalam Adabul Mufrad, sanadnya hasan).

Baca juga:

Dalam hadits diatas, Rasulullah mengulang ulang kata “ibu” sebanyak tiga kali, dan menyebutkan kata “bapak” hanya sekali. Hal itu menunjukan bahwa berbakti kepada ibu sangat-sangat dianjurkan dan lebih diutamakan daripada berbakti kepada ayah. Hal itu sangat wajar mengingat jasa ibu bagi anaknya sangat besar, meskipun kita tidak memungkiri jasa ayah juga sangat besar.

Seorang ibu sudah menanggung kesusahan sejak ia mengandung, kemudian ia sampai mempertaruhkan nyawanya ketika melahirkan, kemudian ia harus menyusui anakny selama 2 tahun. Tidak hanya sampai disitu, ia juga harus mengasuh anak-anaknya sampai dewasa.

Para hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah ta’ala......

Maka marilah kita berbakti kepada kedua orang tua kita, khususnya kepada ibu kita. Janganlah kita durhaka kepadanya, meskipun itu hanya sebatas menyakitinya lewat perkataan. Allah ta’ala berfirman:

 

فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا(سورة الإسراء: 23)

Artinya: “maka janganlah kamu katakan kepada keduanya “ah”, dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang mulia”(Qs. Al isra’: 23)

Cukup sekian kultum singkat yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh kultum singkat tentang ibu, semoga bermanfaat bagi penulis sendiri dan bagi pembaca sekalian.

 

Posting Komentar untuk "Kultum Singkat Tentang Berbakti Kepada Ibu"