Ummi Pipik Mantap Bercadar, Ketika Ditanya Tentang Anak yang Masih Tampil Tomboy, Ini Jawaban Ummi Pipik!

The Viralz - Sejak bulan April lalu, Pipik Dian Irawati, mantap untuk memakai cadar di segala aktivitasnya. Akhirnya dengan niat bismillah, wanita yang biasa disapa Umi Pipik ini menyatakan hijrah dan meninggalkan dunia entertainment. Meskipun keputusannya itu sempat membawa beberapa konsekuensi.

Memang keputusannya berhijab dipermudah karena syuting film dan kontrak iklan sudah selesai semua. Sebulan sesudah bercadar, Umi Pipik mengaku dakwahnya sempat di-cancel karena takut dia membawa sebuah aliran. Saat Ramadan pun dia batal tampil di televisi. Tapi semuda itu dinikmatinya saja.

Ummi Pipik Mantap Bercadar, Ketika Ditanya Tentang Anak yang Masih Tampil Tomboy, Ini Jawaban "Adem" Ummi Pipik!

"Pertama saya pakai cadar ada kajian di Bandung. Saya bilang sama panitia di mimbar, saya pakai cadar. Panitianya, 'Gimana ya, Umi?'. Ya sudah lihat saja deh, hati saya masih bimbang. Tapi begitu saya masuk bismillah pakai cadar, bingung ibu-ibunya. Saya pikir kalau mereka nggak mau, saya pulang. Begitu ngobrol, mereka bilang 'Buka dong, Umi', terus saya bilang ngaji di sini karena Allah atau karena saya? Kalau karena Allah, mau saya ditutup, mau saya ngumpet di belakang tembok, kita cuma dikasih telinga buat dengerin. Mau siapapun yang dengar tapi yang disampaikan adalah ayat Allah, terima. Nggak usah lihat bagaimana orangnya. Akhirnya mereka menerima, sampai akhir nggak dibuka (cadarnya). Saya bersyukur inilah hidayah. Saat orang mau menerima keadaan saya," kata Umi Pipik saat ditemui di Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (10/8).

Meski sudah mantap berhijab, Umi Pipik tidak terlalu memaksa putri pertamanya (Adiba) untuk ikutan. Menurutnya semua butuh proses, apalagi Adiba sangat tomboy yang suka pakai celana jeans, bahkan dipakai hijab syar'i saja masih susah. Kata Umi, kalau sudah jalan dengan Adiba mereka terlihat jomplang banget

"Saya juga dulu seperti itu kan? Apalagi dulu saya nggak mengenal baju begini. Boro-boro pakai cadar. Jilbab saja saya nggak kenal. Tapi ya akhirnya kalau Allah sudah kasih hidayah terus pelan-pelan tahu ilmunya, punya rasa malu, berproses menuju ke situ. Paling saya sindir-sindir dikit, 'Kakak jangan pakai begitu dong'. 'Ih umi mah (katanya)'. Kalau pakai gamis umrah saja kemarin," cerita istri mendiang Ustaz Jefri Al Buchori (Uje) ini.

Sedangkan untuk putranya yang beranjak dewasa, Abidzar, menurutnya banyak menuruni sifat almarhum Uje. Hanya saja namanya anak muda masih banyak maunya. Abidzar yang sudah hafal 3 juz Alquran selalu diminta umi-nya untuk terus belajar, tapi sang putra memilih untuk tidak di pesantren dan sekolah di SMA swasta.

"Umi nggak bangga loh kalau kalian hanya sukses di dunianya. Tapi harus juga akhiratnya. Setidaknya jangan jadi ustaz lah, berat. Tapi bagaimana kamu hafal quran lebih banyak lagi. 'Nanti lah, Umi. Abi juga dulu kayak gitu nakal dulu katanya. Semuanya dicobain. Main sinetron, joged, nyanyi lah, main film baru dakwah'. Saya bilang, 'Ya buruknya jangan diikutin. Ikuti yang baiknya'. Jadi ada saja jawabannya. Tapi dia ini sih lebih banyak ngikutin, akhlaknya, humble, ramah, dermawan hampir sama dengan abinya," pungkas Umi Pipik.




Hanya Dalam Hitungan Menit, Toilet yang Kotor dan Bau Akan Musn4h Dengan Bahan Alami Ini!

The Viralz - Bersihkan kamar mandi kadang kala demikian merepotkan, terlebih bersihkan toilet yang sudah lama tidak disikat.

Dapat dipikirkan kotoran dan bau yang membandel dan melekat diatasnya ditambah dengan bakteri. Namun tenang saja, hari ini saya bakal mengajarkan cara membuat pembersih praktis dan irit untuk bersihkan toiletmu!
Hanya Dalam Hitungan Menit, Toilet yang Kotor dan Bau Akan Musn4h Dengan Bahan Alami Ini!



Bahan ­bahan yang diperlukan :
  1. 160 gr baking soda
  2. 60 ml air lemon pekat
  3. 1/2 sdm cuka
  4. 1 sdm hydr0gen per0ks!da dengan k0nsentr4si 3%
  5. 15­20 tetes minyak aromatik atau minyak esensi4l.

Langkah buat :
  1. Masukan serbuk baking soda dalam mangkuk lalu berikanlah air lemon.
  2. Anda bisa mengambil wadah kecil untukjadikan satu hydrogen peroksida dan cuka. Setelah diaduk rata, input kedalam mangkuk baking soda yang sudah ditambah lemon lewat cara perlahan. Paling akhir anda bisa memberi tetesan aroma kesukaanmu.
  3. Setelah semua dihimpun, anda bisa membentuknya jadi bola bola kecil dengan sendok, lantas di simpan di atas alumunium foil dan disimpan sampai kering. Terlebih dulu anda menggunakannya,
  4. Anda dapat memasukkan terlebih dahulu sedikit air cuka dalam toilet.
  5. Bola­ bola kecil pembersih toilet ini paling sedikit membutuhkan 4 jam agar benar­ benar kering, anda dapat menyimpannya semalaman agar lebih baik waktu digunakan. Setelah dia benar­ benar kering, anda bisa menyimpannya di dalam toples kecil yang kedap udara.
  6. Anda bisa menaruhnya di atas toilet, sampai saat toiletmu sudah tampak kotor dan bau, anda bisa menggunakannya!

Walau untuk membuatnya dibutuhkan sedikit waktu, namun bahan ini demikian gampang dicari dan irit! Selain ramah lingkungan, dia dapat juga membantumu bersihkan toilet yang kotor dan bau. Dijamin sesudah anda rasakan kondisi toilet yang bersih dan wangi, anda pasti juga senang dan sukai! Tetapi perlu diingat pembersih ini hanya untuk toilet saja lho, tidak bisa dipakai untuk bersihkan tangan!




Sumber : tolongbagikan.com



Pernah Mainkan Kuis Lucu dan Seru di Facebook Seperti Ini? TERNYATA Ada Bahaya Tersembunyi di Baliknya, Ini Penjelasannya!

The Viralz - Seberapa cerdaskah kamu? Siapa selebriti yang sesuai dengan karaktermu? Siapa yang melihat profil kamu baru-baru ini? Akan jadi apa kamu beberapa tahun mendatang?

Semua pertanyaan itu mungkin sering muncul di linimasa Facebook kamu. Ini adalah kuis yang, kebanyakan dirancang agar memberikan interaksi yang lucu dan menarik, tetapi sesungguhnya ada ancaman keamanan siber di sana.

Pernah Mainkan Kuis Lucu dan Seru di Facebook Seperti Ini? TERNYATA Ada Bahaya Tersembunyi di Baliknya, Ini Penjelasannya!


Walaupun semua kuis-kuis itu lucu untuk kamu ikuti dan kamu bagikan, namun ini tanpa kamu sadari bisa dijadikan alat pengumpul data, dan mesin uang, bagi pihak lain yang memanfaatkannya.

Semua pihak yang berbisnis lewat media sosial, punya harapan besar menjalin keterlibatan (engagement) antara produk atau jasanya dengan pengguna atau calon konsumen. Kuis-kuis yang lucu ini jadi alat ampuh untuk pengguna menjajal sebuah layanan atau produk.

Ada jengkel yang besar ketika kamu melihat hasil tes IQ teman terlihat sangat tinggi. Secara tidak sadar kamu penasaran dan mengklik tautan di linimasa kemudian ikut kuis tersebut. Tetapi ketika kamu mencoba kuis tersebut, ternyata IQ kamu tidak di atas rata-rata. Kuis lucu ini kemudian menyebar ke jaringan pertemananmu dan tanpa sadar kamu telah mengiklankan produk sebuah situs penyedia kuis.

"Tren besar adalah soal engagement," kata Debra Aho Williamson, seorang analis senior eMarketer, dikutip dari CIO.com. "Kuis ini membuat orang memperhatikan iklan."

Di Indonesia, situs yang diketahui sering menyediakan kuis-kuis itu antara lain Vonvon.me, Testony.com, NameTests.com, Pengintip.us, sampai yang level internasional adalah Test-IQ.com atau IQ-Test-Results.com untuk urusan tes kecerdasan yang tentu saja belum jelas jundrungannya. Kalau mau yang untuk mengecek kepribadian, yang sering terlihat di linimasa adalah CheckMyPersonality.com.

Pertanyaannya sekarang, apakah kamu tahu betul soal situs web tersebut?

Login dengan Akun Facebook

Ketika ikutan kuis di situs web semacam itu, kamu akan diminta untuk melakukan login dengan akun Facebook. Pada tahap ini, apakah kamu sudah membaca secara sungguh-sungguh segala syarat dan ketentuan atau kebijakan privasi yang berlaku di situs tersebut?

Jangan salah, situs seperti IQ-Test-Results.com, ternyata meminta biaya bulanan yang berulang untuk pengguna terdaftar.

Lalu situs CheckMyPersonality.com ternyata meminta persetujuan dari pengguna untuk "memverifikasi akun kartu kredit Anda yang valid." Enggak berhenti sampai di situ, CheckMyPersonality.com ternyata juga meminta wewenang untuk menggali semua jenis informasi tentang penggunanya.

Pernah Mainkan Kuis Lucu dan Seru di Facebook Seperti Ini? TERNYATA Ada Bahaya Tersembunyi di Baliknya, Ini Penjelasannya!



Ada baiknya kamu selalu membaca syarat dan ketentuan atau kebijakan privasi jika mendaftar sebuah akun. Ini memang melelahkan, dan biasanya orang Indonesia akan malas melakukannya, dan kalau sudah begini segala risiko keamanan akan menanti.

"Situs jenis ini akan selalu menggali data karena pengguna secara sukarela menyetujuinya," kata Ryan Jacobson, pengacara dari Entertainment Media and Privacy Law Group di firma hukum SmithAmundsen yang berbasis di Chicago, AS. "Saya khawatir rata-rata pengguna gagal mengenali atau meluangkan waktu untuk memahami hak privasi yang sebenarnya dia berikan dengan merespons permintaan konfirmasi."

Pakar anti-virus Alfons Tanujaya dari perusahaan Vaksincom, menjelaskan pada umumnya kuis-kuis itu bertujuan mendapatkan sebanyak mungkin pengguna. Jika layanan mereka makin populer, maka akan memberikan keuntungan finansial makin besar untuk pembuatnya.

Dia menyarankan para pengguna Facebook agar jangan pernah memasukkan username dan password di aplikasi apapun. Jika pengguna secara sukarela memberikan data penting itu, maka kesalahan ada pada dirinya, bukan pada Facebook yang sejatinya sudah memberikan proteksi untuk tidak memberikan informasi.

"Facebook sudah memproteksi supaya data pengguna tidak otomatis bisa diambil. Jadi kalau user berhati-hati dan tidak pernah memasukkan data penting, seharusnya dia aman," kata Alfons.

Data Pribadi Kita Dipakai untuk Apa?

Tidak ada yang tahu pasti data pribadi kita yang telah diberi ke situs kuis lucu-lucu itu bakal dipakai untuk apa. Setelah mengetahui segala ancaman keamanan ini, kita boleh berdoa agar data pribadi tidak dicuri, apalagi membuat kita sampai mengalami kerugian finansial. Semoga!

Tetapi bagi seorang marketer atau pemasar, data pribadi kamu-kamu semua di Facebook sangatlah berharga. 

Ada dugaan kuat ada pihak yang kemudian mengumpulkan data pribadi pengguna Facebook untuk kebutuhan strategi pemasaran atau untuk mengambil keputusan bisnis. Lihat saja langkah yang dilakukan situs penyedia kuis lucu itu yang selalu meminta kamu untuk membocorkan segala macam rincian tentang diri kamu. Informasi digital ini adalah berlian bagi para pengiklan di dunia online.



Hasil Kuis Tak Ada Faedahnya

Dan pada akhirnya, ingatlah bahwa hasil kuis ini mungkin tidak ada faedahnya untuk kamu, untuk hidupmu, dan tentu tidak ada gunanya untuk bangsa dan negara. Ini semua sekadar lucu-lucuan di linimasa.

Dalam kasus tes IQ secara online, banyak soal ujian yang mungkin dirancang secara asal dan tentu saja jawabannya juga asal, karena tujuan utama si pengeloa situs bukan ingin mengukur IQ pengguna, tetapi menggali data pribadi Facebook sebanyak mungkin. Bisa jadi hasil tes IQ itu sepenuhnya keliru.

Pada akhirnya, keputusan untuk mengikuti kuis lucu-lucu secara online adalah sebuah kesadaran atas keamanan dan kepercayaan: apakah kamu merasa nyaman memasukkan informasi pribadi atau informasi keuangan ke pihak yang tidak dikenal?

Semuanya kembali kepada si pemilik akun Facebook...





Sumber : kumparan. com


Ternyata Merapikan Tempat Tidur di Pagi Hari Adalah Tindakan Salah. Kok Bisa? Ini Penjelasannya

The Viralz - Jika Anda memiliki kebiasaan membersihkan tempat tidur di pagi hari, mulai saat ini Anda dapat menundanya dan membersihkannya di malam hari ketika Anda akan bergegas tidur. Hal ini karena tempat tidur yang rapi dengan seprai yang terentang ketat dapat menghalangi cahaya pagi masuk ke kasur.

Bagi sebagian orang, membereskan tempat tidur pada pagi hari adalah ritual wajib. Namun tahukah Anda ancaman nyata membereskan kasur setelah bangun tidur?


Ternyata tempat tidur yang rapi dengan seprai yang terentang ketat dapat menghalangi cahaya pagi masuk ke kasur. Akibatnya tempat tidur menjadi lembap. Hal tersebut membuat tempat tidur Anda menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi tungau dan binatang kecil lainnya.

Seperti dilansir dari situs Glamour pada Senin (25/04/2015), tungau pada kasur akan berkembang pada temperatur yang hangat dan lembap. Mereka berkembang biak rata-rata 1.5 juta setiap harinya.

Untuk mencegahnya, Anda dapat memberikan udara segar pada tempat tidur dengan tetap membiarkannya berantakan sehingga ada celah tempat keluar masuknya udara. Dengan demikian tungau tidak dapat bertahan sampai Anda tidur di malam hari.

Stephen Pretlove, peneliti kembang biak hewan mikro menyatakan untuk membersihkan kasur pada malam hari sebelum tidur. "Tungau hanya bisa bertahan pada atmosfer yang lembap. Tinggalkan tempat tidur yang berantakan di siang hari dapat menghapus kelembapan seprai dan kasur sehingga tungau akan mengalami dehidrasi dan akhirnya mati." ujarnya.










Sumber : sepercikhikmah



















Saat Shalat Hindari Sujud Seperti Ini, Jika Kamu Tidak Mau Pahala Shalat Jadi Hilang

The Viralz - Sujud merupakan salah satu gerakan wajib yang harus dilakukan ketika salat. Inilah salah satu bentuk ketaatan seorang hamba, dengan jalan merendahkan diri-Nya di hadapan Allah SWT.

Selain menjadi rukun salat, sujud juga memiliki manfaat menakjubkan jika dikaji dari segi medis. Posisi ini menyebabkan darah akan kaya oksigen dan bisa mengalir maksimal ke otak, sehingga berpengaruh terhadap daya pikir seseorang.

Saat Shalat Hindari Sujud Seperti Ini, Jika Kamu Tidak Mau Pahala Shalat Jadi Hilang
Gambar hanya ilustrasi


Seperti gerakan salat lainnya, bersujud juga memiliki aturan tersendiri. Jika salah dalam gerakannya maka akan menyebabkan batal dan tidak sah nya salat seseorang. Lantas seperti apa sujud yang benar dan sujud yang membatalkan salat? Berikut ulasannya.

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu pernah mengatakan: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diperintahkan untuk melakukan sujud dengan bertumpu pada 7 anggota badan. (HR. Bukhari dan  Muslim).

Selain riwayat tersebut, hadist riwayat Bukhari dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

“Aku diperintahkan untuk bersujud dengan bertumpu pada tujuh anggota badan: dahi dan beliau berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung beliau, dua telapak tangan, dua lutut, dan ujung-ujung dua kaki…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari keterangan di atas terdapat tujuh anggota tubuh yang terlibat saat seseorang melaksanakan sujud. Anggota tubuh tersebut antara lain, dahi dan mencakup hidung, dua telapak tangan, lutut dan dua ujung kaki. 

Sujud yang salah mungkin sering dilakukan seorang muslim ketika salat. Hal ini terjadi karena ketidaktahuan dan membutuhkan pencerahan.

Tidak dipungkiri bahwa dalam salat ada orang-orang yang hanya menempelkan dahinya saja ke tanah atau lantai ketika bersujud. Cara tersebut salah  karena Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk menempelkan dahi dan hidung ketika sujud. Hal ini berdasarkan dua hadist Rasulullah SAW berikut.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menempelkan dahi dan hidungnya ke lantai…” (HR. Abu Daud, Turmudzi dan dishahihkan Al Albani dalam Sifat Shalat, Hal. 141)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada shalat bagi orang yang tidak menempelkan hidungnya ke tanah, sebagaimana dia menempelkan dahinya ke tanah.” (HR. Ad Daruqutni dan At Thabrani dan dishahihkan Al Albani dalam Sifat Shalat, Hal. 142).

An-Nawawi mengatakan, “Untuk anggota sujud dua tangan, dua lutut, dan dua ujung kaki, apakah wajib sujud dengan menempelkan kedua anggota badan yang berpasangan itu? Ada dua pendapat Imam ‘alaihis salam-Syafii. Pendapat pertama, tidak wajib. Namun sunah muakkad (yang ditekankan). Pendapat kedua, hukumya wajib. Dan ini pendapat yang benar, dan yang dinilai kuat oleh as-Syafi’i Rahimahullah. Karena itu, jika ada salah satu anggota sujud yang tidak ditempelkan, shalatnya tidak sah.” (al-Majmu’, 4/208).

Sementara itu  Dr. Sholeh al-Fauzan menjelaskan dua rincian untuk orang dalam bersujud. Jika seseorang tidak menempelkan tujuh anggota tubuhnya karena udzur yang menghalanginya, maka tidak ada masalah baginya untuk melakukan sujud dengan bertumpu pada anggota sujud yang bisa dia letakkan di tanah. Sedangkan  anggota sujud yang tidak mampu dia letakkan, menjadi udzur baginya.

Akan tetapi ini tidak berlaku terhadap orang-orang yang masih sehat dan  tanpa ada udzur yang diizinkan syariat,   jika tidak meletakkan 7 anggota sujudnya, maka  shalatnya tidak sah. Karena dia mengurangi salah satu rukun shalat, yaitu sujud di atas 7 anggota sujud.

Lalu bagaimana dengan wanita yang memakai mukena sehingga asesorisnya menutupi dahi? Ternyata hal ini juga banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang asesoris yang berlebihan dalam mukena yang terpasang di bagian muka, menghalangi jidat menempel di alas shalat ketika sujud. Hal ini dapat menyebabkan shalat wanita tersebut tidak sah.

Karenanya wanita diharapkan berhati-hati ketika memilih mukena untuk salat. Karena dengan mukena yang menutupi dahi, maka sujud tersebut tidak sah karena tidak langsung menyentuh tempat salat. Jika sujud tidak sah, otomatis salatnya juga tidak diterima.

Imam Taqiyuddin Asy-Syafi’I dalam Kifayatul Akhyar memberi penjelasan mengenai masalah tersebut, “Ketika seseorang bersujud dengan dahi dan hidung tidak menempel ke tanah (alas shalat) maka tidak sah, atau bersujud diatas serban (yang merupkan bagian dari busana) maupun lengan baju yang sedang ia pakai juga dianggap tidak sah, karena kesemuanya itu menempel dengan badan.”

Dengan artian apa saja yang sedang dipakai seseorang dalam shalat seperti mukena, serban, peci dan lain-lain yang menghalangi dahi maupun telapak tangan menempel ke alas shalat ketika bersujud maka tidak sah.

Sementara dengan sajadah atau serban yang sengaja digunakan sebagai alas sujud, tidak mengapa dipergunakan, karena tidak termasuk dalam sesuatu yang dipakai yang tidak mengikuti gerakan dalam shalat sebagai mukena.


Sumber : infoyunik.com